Translate

Halaman

Senin, 28 November 2011

karya Ari Jauhari

Teh Hitam
Siapa yang tak risih melihat timbunan lemak di tubuh, terutama di bagian perut. Olahraga sudah dilakukan, diet pun telah dilaksanakan. Tapi, lemak tetap kelihatan. Eit, ternyata ada cara yang sederhana dan terbukti efektif lho.

Peneliti di Universitas Kobe, Jepang, menemukan bahwa konsumsi teh secara rutin bisa menekan risiko perusakan di dalam aliran darah. Risiko itu diakibatkan makanan berlemak yang bisa berujung pada munculnya diabetes tipe 2.

Peneliti kemudian melakukan percobaan terhadap tikus dengan program diet tinggi lemak dan jenis diet lainnya. Tikus-tikus itu diberikan air putih, teh hitam, dan teh hijau selama 14 pekan.

Ternyata, tikus dapat mempertahankan berat badan setelah meminum dua jenis teh itu. Penimbunan lemak pada perut pun dapat dicegah.

Menurut peneliti, teh hitam memiliki bonus menetralisasi efek bahaya pada darah yang disebabkan lemak. Termasuk mencegah meningkatnya kolesterol dalam darah, gula dalam darah, dan resistansi insulin, yang bisa berujung pada diabetes tipe 2.

Studi itu kemudian dipublikasikan pada Journal of Agricultural and Food Chemistry edisi Desember 2010.

0 komentar:

Posting Komentar

The Crescent Moon