Translate

Halaman

Senin, 28 November 2011

karya Ari Jauhari

Sains dan teknologi merupakan modal utama dalam menghadapi era globalisasi yang saat ini tengah terjadi.

Optimalisasi wacana berpikir logika dan konseptual generasi muda terhadap sains dan teknologi mutlak, harus diperlukan agar bangsa Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dan dapat berdiri sejajar dengan negara maju lainnya.

Atas dasar pemikiran tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan IPA Institut Pertanian Bogor (IPB) beserta delapan himpunan profesi dari setiap departemen menggelar Pesta Sains 2011 bertajuk, Hero Science.

Pesta Sains 2011 telah dilaksanakan pada 11-13 November 2011, di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Darmaga.Pesta Sains 2011 Terdiri dari 8 Kategori Lomba, Yaitu :
  1. Lomba Jajak Pendapat Statistika (LJPS) – Statistika
  2. Meteorologi Interaktif (METRIK) – Geofisika dan Meteorologi
  3. Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB) - Biologi
  4. Chemistry Challenge (CC) - Kimia
  5. Matematika Ria (MR) – Matematika
  6. Programming Competition (PC) – Ilmu Komputer
  7. Kompetisi Fisika (KF) - Fisika
  8. Lomba Karya Ilmiah Populer (LKIP) – Biokimia
    SMAN 1 Bengkulu Selatan mengirim siswa-siswa terbaiknya yaitu Ari jauhari dan Richa Nurselviana dalam bidang Programming Competition dan mereka adalah salah satu wakil dari Bengkulu. Dalam bidang lainya ada Meidio Talo Prista (MR) dan Muhammad hafiz, Tiara Dewi, dan Ade Arista Putri dalam bidang LCT Biologi.
     
    Pesta Sains Nasional 2011 merupakan kompetisi yang akan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia, Piala Mendiknas RI, dan Piala Menristek RI. Hadiah yang dijanjikan panitia juga menggiurkan, yakni total hadiah puluhan juta rupiah.

    Pesta Sains merupakan ajang kompetisi siswa-siswi SMA (dan sederajat) se-Indonesia di bidang sains dan teknologi yang turut dimeriahkan dengan adanya seminar motivasi, seminar nasional mahasiswa serta guru pendamping, berbagai expo, pameran beasiswa dalam dan luar negeri, parade budaya nasional dan sederet hiburan lainnya yang sukses diselenggarakan setiap tahunnya sejak 2003.

    Rencananya acara Pesta Sains ini akan diisi dengan kompetisi sains nasional tingkat SMA; Sains, Edu, dan Scholarship Expo, workshop sains interaktif, talkshow dan training motivasi, parade budaya nasional, dan talkshow Hero science interaktif.

    Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalies Fakultas Matematika dan IPA IPB. Rata-rata lebih dari 1.500 peserta Mahasiswa FMIPA dan siswa SMA sederajat se - Indonesia dan 300 guru pendamping dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan ini.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    The Crescent Moon